Wednesday, April 18, 2018

Menghitung Data Antara Dua Tanggal


Rumus COUNTIFS
Salah satu cara untuk menghitung banyaknya data antara dua tanggal adalah dengan menggunakan rumus COUNTIFS. Mulai diperkenalkan pada excel 2017, fungsi COUNTIFS ini memiliki keunggulan dibandingkan dari fungsi pendahulunya COUNTIF (Tanpa S). COUNTIFS mampu melakukan penjumlahan bersyarat banyak kriteria dengan cukup satu fungsi saja. Hal ini mustahil dapat dilakukan oleh fungsi COUNTIF. 

Mari kita lihat contoh rumus COUNTIFS untuk menghitung jumlah sel atau data di antara dua tanggal yang ditentukan

Contoh Kasus



Anggaplah kita memiliki list data berupa data tanggal lahir sejumlah orang. Kemudian hendak diketahui ada berapa sih jumlah orang yang lahir diantara tanggal tertentu, Misalnya ditanyakan berapa jumlah orang dalam list yang lahir di antara tanggal 1 Januari 2000 sampai dengan tanggal 31 Desember 2013. Perhatikan screenshot berikut:

Contoh Soal Rumus COUNTIFS


Untuk menyelesaikan tugas di atas, kita bisa menggunakan rumus fungsi COUNTIFS, sesuai pembahasan topik fungsi exel kali ini. 

Secara general penulisan rumus IF untuk kasus ini adalah:

=COUNTIFS(rangeTanggal,">="&tanggal_bawah,rangeTanggal,"<="&tanggal_atas)

Contoh Rumus 1 : Menuliskan tanggal langsung dalam rumus.

Untuk mengikutkan tanggal terbawah dan tanggal teratas dalam rumus COUNTIFS, diperlukan bantuan fungsi lainnya. Dalam hal ini kita gunakan fungsi DATE

Fungsi DATE akan menghasilkan data tanggal lengkap dengan memasukan parameter year (tahun), month (bulan) dan day (hari)

=DATE(tahun, bulan, hari)

Tahun = bilangan tahun, bulan = nomor urut bulan, hari = nomor urut hari dalam sebulan.

Sehingga untuk menghitung jumlah orang yang lahir dari tanggal 1 Januari 2000 s.d 31 Desember 2018, kita menggunakan fungsi DATE untuk menentukan tanggal terbawah dan tanggal teratas.

  • Tanggal terbawah = 1 Januari 2000,  rumusnya =DATE(2000,1,1)
  • Tanggal teratas = 31 Januari 2018, rumusnya   =DATE(2003,12,31)


Kemudian rumus tersebut digabung dengan rumus COUNTIFS, sehingga dapat dituliskan seperti berikut:

=COUNTIFS(rangeTanggal,">="&DATE(2000,1,1),rangeTanggal,"<="&DATE(2003,12,31))

Dikarenakan parameter rangeTanggal terletak pada range B2:B10 (lihat contoh tabel di atas), maka kemudian rumus tersebut dapat diketikan seperti di bawah ini.

=COUNTIFS(B2:B10,">="&DATE(2000,1,1),B2:B10,"<="&DATE(2003,12,31))

Penggunaan rumus tersebut di lembar kerja excel digambarkan dalan screenshot di bawah ini

Contoh Rumus Excel COUTIFS

Penting diperhatikan mengenai cara penulisan tanda lebih dari atau sama dengan (">=") dan operator kurang dari atau sama dengan ("=<"). Cara penulisan tanda tesebut harus di dalam tanda petik dan kemudian digabungkan (concatenate) dengan tanggal teratas atau terbawah menggunakan bantuan operator ampersand (&). Untuk tanggal terbawah karena kita ingin menghitung jumlah tanggal diatasnya, maka digunakan tanda lebih dari atau sama dengan (">="), dan sebaliknya untuk tanggal teratas.

Contoh Rumus 2 : Menuliskan tanggal dengan referensi sel.

Sangat disarankan untuk menggunakan referensi sel sebagai tempat menuliskan tanggal terbawah dan teratas. Ini dimaksudkan supaya lebih mudah dimodifikasi jika di kemudian, kita perlu merubah tanggal terbawah dan tanggal teratasnya.

Misalnya tanggal terbawah diletakan pada sel E3, dan tanggal teratas diletakan di sel E4, maka rumus tadi dapat dimodifikasi menjadi seperti berikut ini:

=COUNTIFS(B2:B10,">="&E3,B2:B10,"<="&E4)

Berikut contoh penampakannya dalam spreadsheet.

Contoh Rumus Excel COUNTIFS Tanggal


Dari gambar di atas kita dapat menyimpulkan bahwa rumus ke-2 lebih ringkas karena tidak membutuhkan fungsi tambahan (fungsi DATE). Selain itu, parameter tanggal terbawah dan tanggal teratas akan lebih mudah dimodifikasi tanpa harus merubah rumus.

Sangat Penting: Baik contoh rumus ke-1 maupun ke-2, harus dipastikan cara penulisan tanggal sudah benar. Perhatikan kolom tanggal lahir (kolom B). data tanggal dalam tabel tersebut harus benar-benar data ber-type tanggal, bukan type text. Secara general (jika tidak ada edit alignment) data type tanggal akan nampak rata kanan. Jika tidak, maka kemungkinan data tersebut ber-type text dan akan error jikak diproses dengan rumus yang sudah dijelaskan di atas.

Demikian pembahasan singkat mengenai bagaimana menggunakan fungsi COUNTIFS untuk menghitung jumlah data diantara dua tanggal.
Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Artikel Terkait:


2 comments:

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.