Thursday, April 19, 2018

Menghitung Data di Antara 2 Bilangan



Fungsi COUNTIF COUNTIF SUMPRODUCT
Salah satu contoh praktis menghitung banyaknya data di antara dua bilangan adalah menghitung jumlah orang yang memiliki umur atau usia pada rentang tertentu. Ada beberapa alternative rumus yang dalam digunakan. 3 contoh rumus diantaranya akan dibahas dalam kesempatan ini. Masing-masing rumus menggunakan fungsi yang berbeda yaitu: COUNTIFS, COUNTIF, dan SUMPRODUCT. 

Contoh Soal:


Untuk contoh soal ini, kita gunakan tabel data yang sangat sederhana saja supaya lebih mudah difahami. Anggaplah ada sebuah tabel yang terdiri atas 2 kolom. Kolom pertama berisi item nama peserta sebuah perlombaan, sedangkan kolom kedua berisi data umur peserta lomba tersebut dalam satuan tahun. Tugas selanjutnya adalah bagaimana menghitung jumlah orang yang berumur antara 15 s.d 20 tahun.

Contoh Soal Rumus Excel


Cara “pertama” yang cukup “disukai” adalah dengan menghitung menggunakan jari, mata dan mulut. Alias mata sedikit menyipit menatap monitor sambil mengerutkan kening, jari menggerakan mouse dan mulut bergumam, menghitung data yang sesuai :  Satu,… dua…, tiga…

Ups, tapi bukan cara itu yang dimaksud. Bayangkan saja jika kita ada memiliki 1000 baris data saja. Betapa lelahnya jika kita harus menghitungnya satu persatu.

Ada 3 contoh rumus yang akan saya tawarkan kepada anda disini (seperti jualan aja yah..)

Cara 1: Menggunakan Rumus COUNTIFS.

Secara general rumusnya dapat dituliskan sebagai berikut:

=COUNTIFS(range_bilangan,kriteria_bawah,range_bilangan,kriteria_atas)

Jika dihubungkan dengan contoh tabel di atas.

  • Range_bilangan adalah kolom tabel yaitu range B2:B10
  • Kriteria_bawah adalah kriteria komparasi dengan nilai terbawah, karena kita menginginkan bilangan umur minimal 15 tahun, maka dapat dituliskan ">=15"
  • Kriteria_atas adalah kriteria komparasi dengan nilai teratas, karena kita menginginkan bilangan umur maksimum 20 tahun, maka dapat dituliskan "<=20"

Pada akhirnya, rumus dapat dituliskan seperti berikut ini:

=COUNTIFS(B2:B10,">=15",B2:B10,"<=20")

Atau terlihat seperti gambar dalam screenshot di bawah ini :

Contoh Rumus Excel COUNTIFS


Perhatikan gambar di atas: highlight kuning pada tabel umur dimaksudkan untuk mengecek secara manual apakah rumus sudah bekerja dengan benar sesuai yang diharapkan. Jika kita hitung secara manual maka kita dapatkan 6 orang yang umurnya antara 15 s.d 20 tahun. Hasil yang sama juga diberikan oleh rumus. 

Cara 2: Menggunakan Rumus COUNTIF.

Jika anda masih menggunakan excel versi lama (2003 atau yang lebih tua), anda tidak akan menemukan fungsi COUNTIFS pada excel versi tersebut. Maka sebagai alterntivenya bisa digunakan fungsi COUNTIF (tanpa huruf S di ujung).

Rumus General:
Dalam hal ini menggunakan dua buah fungsi COUNTIF
  • COUNTIF ke-1 untuk menghitung Jumlah bilangan yang lebih atau sama dengan batas bawah
  • COUNTIF ke-2 untuk menghitung Jumlah bilangan yang lebih dari batas atas


Hasil yang diinginkan nantinya akan berupa pengurangan dari COUNTIF ke-1 dikurangi COUNTIF KE-2.

(COUNTIF ke-1) – (COUNTIF ke-2)

Atau:

=COUNTIF(range_bilangan,kriteria_bawah)-COUNTIF(range_bilangan,kriteria atas)

  • Range_bilangan adalah kolom tabel yaitu range B2:B10
  • Kriteria_bawah (pada COUNTIF ke-1) adalah kriteria komparasi dengan nilai terbawah, karena kita menginginkan bilangan umur minimal 15 tahun, maka dapat dituliskan ">=15"
  • Kriteria_atas (pada COUNTIF ke-2) adalah kriteria komparasi dengan nilai teratas, karena dijadikan sebagai pengurang maka yang harus dihitung oleh COUNTIF ke-2 adalah bilangan umur yang lebih dari 20, atau dituliskan ">20"

Pada akhirnya rumus dapat diketik sebagai berikut:

=COUNTIF(B2:B10,">=15")-COUNTIF(B2:B10,">20")

Contoh Rumus Excel COUNTIF


Cara 3: Menggunakan Rumus SUMPRODUCT

Cara selanjutnya adalah menggunakan fungsi SUMPRODUCT. Jika anda belum begitu familiar dengan fungsi SUMPRODUCT. Silahkan dibaca terlebih dahulu artikel: Cara Mudah Memahami Rumus SUMPRODUCT

Jika sudah, mari kita lanjukan ke contoh kasus menghitung jumlah orang pada range umur 15-20 tahun. Adapun rumusnya secara general dapat dituliskan sebagai berikut:

=SUMPRODUCT(--(range_bilangan>=batas_bawah),--(range_bilangan<= 20))

Atau jika parameter-parameternya diganti dengan referensi dan kritera yang ditetapkan dalam contoh tabel, maka rumusnya menjadi seperti di bawah ini.

=SUMPRODUCT(--(B2:B10>=15),--(B2:B10<=20))

Contoh Rumus Excel SUMPRODUCT


Demikian 3 contoh rumus untuk menghitung jumlah data di antara dua bilangan (a.k.a menghitung jumlah orang dalam rentang usia tertentu). Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.