Sunday, April 22, 2018

Menghitung Total Jumlah Huruf


Cara menghitung jumlah huruf di excel
Tehnik olah data ber-type text di excel sangat menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah bagaimana menghitung total jumlah huruf atau karakter. Dengan cukup menggunakan rumus yang sederhana, kita bisa menghitung ada berapa banyak huruf, baik yang terletak dalam satu sel, maupun dalam range atau banyak sel. Fungsi yang dapat digunakan untuk keperluan ini adalah fungsi LEN dan SUMPRODUCT.

Contoh Soal:



List text sudah tersedia pada range A2:B5, kemudian kita diminta untuk menghitung:
1. Jumlah huruf pada masing-masing baris sel A2,A3,A4 dan A5:
2. Total jumlah huruf pada range A2:B5

Perhatikan gambar contoh soal berikut ini:

Contoh soal menghitung jumlah huruf range

Catatan: disini kita menggunakan istilah huruf, meskipun sebenarnya yang kita hitung adalah jumlah karakter, maksudnya supaya lebih familiar di telinga. Ini berarti contoh rumus yang akan dibahas juga pada kenyataannya akan menghitung semua karakter, bukan hanya alfabet, tetapi juga termasuk angka dan simbol, termasuk juga tanda spasi, pemisah baris (line break) dan lain sebagainya.

Rumus 1:  Menghitung jumlah huruf pada masing – masing sel


Kita ambil contoh text pertama "Nama Saya Cecep"

Ada berapa huruf dalam string "Nama Saya Cecep" ?

Tanpa menggunakan rumus, kita bisa menghitungnya satu per satu huruf secara manual:

1 = N
2 = a
3 = m
Dan seterusnya, sehingga dapat diketahui jumlah huruf = 15

cara menghitung jumlah huruf


Tentu saja, cara diatas bukanlah yang kita kehendaki. Karena kita ingin perhitungan cepat menggunakan rumus. Rumus yang digunakan sangat simple. Cukup menggunakan satu fungsi saja, yaitu fungsi LEN.

LEN adalah rumus siap pakai di excel yang digunakan untuk menghitung total jumlah huruf atau karakter yang menyusun sebuah string. Fungsi ini dituliskan dengan syntax:

=LEN(text)

Dengan menggunakan contoh text "Nama Saya Cecep", maka perhitungan jumlah huruf dalam text tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

=LEN("Nama Saya Cecep")

Rumus tersebut akan menghasilkan bilangan 15.

Jika text diganti dengan referensi A2 (lihat contoh tabel soal). Maka rumusmnya menjadi:

=LEN(A2)

Anggaplah rumus tersebut diketikan di sel B2, maka rumus dapat dicopy ke sel dibawahnya untuk mendapatkan jumlah bilangan dari text lainnya, seperti terlihat dalam screenshot di bawah ini.

rumus LEN


Rumus 2:  Menghitung total jumlah huruf dari  semua text dalam range A2:A5


Untuk menghitung total huruf dalam range, sebenarnya kita bisa menjumlahkan hasil masing-masing bilangan yang merupakan hasil dari rumus pertama, menggunakan fungsi SUM.

Karena hasil dari rumus jenis pertama terletak di range B2:B5 , maka rumus penjumlahannya dapat dituliskan sebagai berikut:

=SUM(B2:B5)

Seperti terlihat dalam gambar di bawah ini.

Contoh Rumus SUM

Cara di atas, cukup mudah dan saya kira fungsi SUM sudah sangat familiar bagi kebanyakan pengguna excel.

Selanjutnya mari kita coba cara lain, dimana kita bisa menghitung jumlah huruf dari semua text dalam range tanpa harus terlebih dahulu menghitung huruf masing-masing sel.

Adapun rumus yang digunakan merupakan gabungan dari fungsi SUMPRODUCT dan LEN. Rumus ini secara umum dapat dituliskan seperti berikut:

=SUMPRODUCT(LEN(range))

Jika kita terapkan pada contoh tabel soal yang kita gunakan, karena data text terletak pada range A2:A5, maka rumus untuk menghitung total huruf dapat dituliskan seperti ini:

=SUMPRODUCT(LEN(A2:A5))

Hasilnya, mungkin akan nampak seperti gambar berikut:

Rumus SUMPRODUCT LEN menghitung jumlah huruf

Cara Kerja Rumus Perhitungan Total Huruf


Sebagaimana kita ketahui, fungsi SUMPRODUCT bekerja pada array data. Fungsi ini bekerja dengan mengalikan komponen-komponen array, kemudian menjumlah hasilnya. 

Dalam kasus contoh soal yang sedang kita bahas,  yang berperan sebagai komponen array adalah masing-masing bilangan yang dihasilkan oleh fungsi LEN atas masing masing text dalam range A2:A5.

Supaya lebih jelas mari kita pecahkan fungsi LEN menjadi array dengan cara seperti terlihat dalam gambar di bawah ini:

Penjelasan cara kerja SUMPRODUCT LEN


Seleksi  bagian rumus LEN(A2:A5), kemudian tekan tombol F9, maka kita bisa amati bahwa fungsi LEN terebut berubah menjadi array {15;25;27;25} yang merupakan kumpulan bilangan hasil perhitungan jumlah huruf masing-masing text.

Pada akhirnya, tugas Fungsi SUMPRODUCT menjumlahkan masing-masing komponen array dimaksud.

=15 + 25 + 27 + 25
=92

---

Cukup sampai disini pembahasan contoh rumus untuk menghitung total jumlah huruf atau karakter, baik jumlah huruf dalam satu sel saja maupun jumlah huruf dalam range.
Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.