Monday, April 23, 2018

Menghitung Total Jumlah Kata


Rumus Excel Untuk Menghitung Jumlah Kata
Melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai cara menghitung total jumlah huruf, kali ini kita akan membahas bagaimana menghitung total jumlah kata dalam cell dan range. Untuk menyelesaikan tugas ini diperlukan beberapa fungsi, antara lain Fungsi LEN dan SUBSTITUTE jika text berada dalam satu cell. Sedangkan jika text berada dalam range cell, maka diperlukan tambahan fungsi lainnya yaitu SUMPRODUCT. Fungsi TRIM kadang-kadang diperlukan untuk mengatasi extra spasi yang bisa menimbulkan kesalahan perhitungan penjumlahan kata.

Contoh Soal:


Kita gunakan contoh text yang juga digunakan pada artikel Menghitung Jumlah Huruf. Hanya saja digunakan untuk menghitung jumlah kata, seperti terlihat dalam gambar berikut:

Contoh Soal Rumus Excel Menghitung Jumlah Kata


Sebelum melanjutkan ke pembahasan rumus, Perlu diperhatikan dahulu asumsi dalam melakukan perhitungan jumlah kata.

  • Kata diartikan sebagai susunan kumpulan huruf yang dipisahkan oleh satu spasi dengan kumpulan huruf lainnya. Dalam excel, kata bisa berupa kumpulan huruf yang mempunyai arti atau bisa juga berupa kumpulan huruf tanpa arti. Misalnya kita bisa saja mengetikan text  “abzc rga#r heuxp$r” (tanpa tanda petik). Excel akan mebbaca string “abzc”, “rga#r” dan “heuxp$r” sebagai sebuah kata yang berdiri secara individual.
  • Jumlah kata dalam sebuah kalimat sama dengan jumlah spasi ditambah 1. Hal ini juga harus mengasumsikan bahwa hanya ada satu spasi diantara dua kata, dan tidak ada spasi pada awal dan akhir kalimat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini:


Konsep Menghitung Jumlah Kata di Excel

Dengan asumsi demikian,  maka dapat dibuat deret bilangan seperti di bawah ini:

0 spasi = 1 kata atau tidak ada kata sama sekali
1 spasi = 2 kata
2 spasi = 3 kata
3 spasi = 4 kata
n spasi = n+1 kata

Sehingga dapat disimpulkan bahwa menghitung jumlah kata sama dengan menghitung jumlah spasi kemudian menambahkan satu terhadap hasil perhitungan jumlah spasi.

Baiklah, mari kita lanjutkan pembahasan rumus.

Rumus 1 : Menghitung total jumlah kata dalam satu sel


Pendekatan umum untuk menghitung jumlah kata pada sel excel adalah: 

= Panjang_text – panjang_text_tanpa_spasi + 1

Untuk tugas ini diperlukan bantuan fungsi LEN dan fungsi SUBSTITUTE. Fungsi LEN digunakan untuk menghitung jumlah karakter dalam sebuah text. Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk membuang karakter spasi dari text. Sehingga rumusnya, secara umum dapat dituliskan sebagai berikut:

=LEN(text)-LEN(SUBSTITUTE(text," ",""))+1

Mari kita coba praktekan: Jika text diganti dengan kalimat seperti ("Nama Saya Cecep") maka rumusnya akan seperti ini:

=LEN(("Nama Saya Cecep")-LEN(SUBSTITUTE(("Nama Saya Cecep"," ",""))+1

Perhatikan rumus SUBSTITUTE. Rumus ini akan menghasilkan text baru dimana beberapa karakter diantaranya diganti karakter baru atau ditiadakan. Dalam kasus ini karakter spasi  " " diganti dengan karakter kosong "" atau ditiadakan, sehingga text "Nama Saya Cecep" menjadi "NamaSayaCecep", sehingga rumus tadi menjadi:

=LEN(("Nama Saya Cecep")-LEN("NamaSayaCecep")+1
=15-13+1
=3

Uraian di atas menjelaskan sekilas mengenai cara kerja rumus untuk menghitung jumlah kata dalam sebuah sel. Perhatikan kembali rumus umum untuk menghitung 

=LEN(text)-LEN(SUBSTITUTE(text," ",""))+1

Jika text ditempatkan dalam sebuah referensi sel, anggaplan di sel A2 sesuai tabel contoh soal  di atas. Maka kita dapat menuliskan rumusnya menjadi:

=LEN(A2)-LEN(SUBSTITUTE(A2," ",""))+1

Rumus tersebut bisa dicopy ke sel bawahnya untuk menghitung total jumlah kata di sel berikutnya, seperti nampak dalam screenshot di bawah ini:

Contoh Rumus Menghitung Jumlah Kata di Excel

Rumus 2 : Menghitung total jumlah kata dalam range.


Untuk tugas ini diperlukan tambahan fungsi SUMPRODUCT, selain LEN dan SUBSTITUTE.

Rumus umum

=SUMPRODUCT(LEN(range)-LEN(SUBSTITUTE(range," ",""))+1)

Kalau anda perhatikan, rumus ke-2 ini hanya sedikit bedanya bila dibandingkan dengan rumus ke-1. Selain tambahan SUMPRODUCT, yang lainnya kita hanya tinggal mengganti parameter text atau referensi sel dengan range.

Apabila range tersebut diganti dengan range A2:A5 sesuai tabel contoh yang digunakan dalam artikel ini maka rumusnya menjadi seperti berikut ini:

=SUMPRODUCT(LEN(A2:A5)-LEN(SUBSTITUTE(A2:A5," ",""))+1)

Dan berikut screenshot contoh penggunaan rumus di atas dalam spreadsheet excel:

Contoh Formula Menghitung Jumlan Kata dalam Range Excel

Untuk menganalisa cara kerja rumus, silahkan dicoba langkah-langkah berikut:

Seleksi porsi rumus LEN(A2:A5)-LEN(SUBSTITUTE(A2:A5," ",""))+1
Kemudian tekan F9, sehingga akan dihasilkan data array  {3;4;5;4}

Cara Mengecek Rumus Menghitung Jumlah Kata

Masing-masing komponen array tersebut merupakan jumlah kata pada masing-masing sel. Selanjutnya tugas SUMPRODUCT untuk menjumlahkan semua komponen array tersebut sehingga diperoleh total kata dalam range.

Bagaimana Jika ada Extra Spasi?


Sebagaimana dijelaskan bahwa diasumsikan jumlah kata = jumlah spasi + 1. Dengan asumsi tersebut tentunya rumus akan memberikan hasil yang tidak benar jika terdapat extra spasi atau spasi berlebih, misalnya ada lebih dari satu spasi di antara dua kata, atau ada spasi di awal dan akhir text.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan bantuan fungsi TRIM. Fungsi ini memang sudah didesign untuk menghapus semua spasi, kecuali spasi tunggal diantara dua kata.

Syntax fungsi TRIM sangat sederhana, hanya perlu sebuah parameter text, atau sebuah referensi berisi text.

=TRIM(text)

Terkait pembahasan dalam artikel ini, maka fungsi TRIM dapat dimasukan ke rumus:

Rumus ke-1 : menghitung jumlah kata dalam sel
=LEN(TRIM(A2))-LEN(SUBSTITUTE(TRIM(A2)," ",""))+1

Rumus ke-2 : menghitung jumlah kata dalam range
=SUMPRODUCT(LEN(TRIM(A2:A5))-LEN(SUBSTITUTE(TRIM(A2:A5)," ",""))+1)

Silahkan untuk mencoba kedua rumus tersebut, dan lihat efeknya bila kita menambahkan extra spasi pada sel A2 atau range A2:A5. Kemudian bandingkan dengan hasil kedua rumus tanpa TRIM yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Sampai disini pembahasan mengenai contoh rumus untuk menghitung total jumlah kata dalam sel dan range pada excel. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.