Tuesday, April 17, 2018

Rumus SUMPRODUCT EXACT Menghitung Jumlah Text Case Sensitive


Fungsi SUMPRODUCT EXACT Menghitung Case Sensitive
Terbongkar, satu lagi kegunaan fungsi SUMPRODUCT: Menghitung jumlah text secara case sensitive atau peka huruf besar/kecil. Namun untuk membuat rumus perhitungan jumlah text dengan case sensitive ini, fungsi SUMPRODUCT tidak dapat berdiri sendiri, tetapi harus dengan bantuan fungsi lainnya, yaitu fungsi EXACT. Bagaimana cara membuatnya? Tidak terlalu sulit. Mari kita lihat dan buktikan.

Sebelum melangkah ke contoh, alangkah baiknya mengingat dulu terminologi fungsi yang akan digunakan.



Fungsi SUMPRODUCT digunakan untuk Mengalikan komponen-komponen terkait dalam array yang diberikan, kemudian mengembalikan jumlah dari setiap hasil perkalian tersebut. Syntax fungsi ini adalah SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], ...) , dimana array1, array2 dan seterusnya adalah array atau sekumpulan data yang komponen-komponennya ingin dikalikan dan dijumlahkan. Jika SUMPRODUCT hanya memiliki satu parameter array, maka hasil yang diperoleh adalah penjumlahan elemen-elemen yang terdapat dalam satu array tersebut.

Fungsi EXACT digunakan untuk membandingkan dua string teks dan akan mengembalikan TRUE jika kedua string itu sama persis, jika tidak akan mengembalikan FALSE. EXACT bersifat sensitive atau peka terhadap huruf besar kecil tapi mengabaikan perbedaan pemformatan. Syntax fungsi ini =EXACT(text1, text2), dimana text1 dan text2 adalah dua string yang akan dibandingkan

Contoh Rumus Menghitung Text Case Sensitive

Baiklah supaya lebih mudah difahami, mari kita pelajari melalui contoh. Misalnya sudah tersedia text “DKI JAKARTA” pada range A1:A6, namun cara penulisan “DKI JAKARTA” tersebut berbeda-beda huruf besar atau kecilnya.  Selanjutnya kita hanya ingin menghitung text  “DKI JAKARTA” dengan  huruf besar semuanya.

Contoh Soal Excel Menghitung Text Case Sensitive


Sebagaimana sudah disampaikan pada bagian awal, untuk keperluan ini, kita akan menggunakan rumus yang berupa gabungan fungsi SUMPRODUCT dan EXACT.

Adapun rumusnya dapat dituliskan sebagai berikut:

=SUMPRODUCT(--EXACT("DKI JAKARTA",A1:A6))

Jika text ("DKI JAKARTA") diletakan dalam sebuah sel sebagai referensi, maka rumusnya dapat diganti menjadi :

=SUMPRODUCT(--EXACT(A10,A1:A6))

Sebagai gambaran penerapannya dalam lembar kerja excel dapat dilihat dalam screenshot di bawah ini.

FUNGSI SUMPRODUCT EXACT


Cara Kerja Rumus SUMPRODUCT dan EXACT

Bagaimana excel bisa membedakan huruf besar dan kecil serta dapat memberikan informasi jumlah text case sensitive yang tepat kepada usernya yang menggunakan formula SUMPRODUCT EXACT? Mari kita perhatikan penjelasannya.

Silahkan di test terlebih dahulu, cara kerja contoh rumus di atas dengan melakukan konversi parameter-parameter rumus seperti  yang diperlihatkan dalam gambar di bawah ini.

Cara Kerja Fungsi SUMPRODUCT EXACT


Keterangan: untuk mengkoversi parameter rumus, silahkan di seleksi porsi rumus (highlight hitam),  kemudian tekan tombol F9.

  • Fungsi EXACT digunakan untuk membandingkan string "DKI JAKARTA" dengan string yang ada pada setiap sel dalam range A1:A6. Pengecekan perbandingan ini besifat case sensitif. Jika persis sama maka akan menghasilkan nilai TRUE, dan jika tidak sama atau tidak persis sama maka akan  menghasilkan nilai FALSE. Hal ini bisa dilihat setelah rumus EXACT  di konversi maka hasilnya berupa array {FALSE;TRUE;TRUE;FALSE;TRUE;FALSE}  urutan TRUE dan FALSE mengikuti hasil pengecekan text pada range A1:A6. 
  • Selanjutnya, array berisi data TRUE dan FALSE harus dikonversi lagi menjadi 1  untuk TRUE  dan untuk FALSE, supaya dapat dikalkulasi selanjutnya. Untuk proses ini digunakan bantuan tanda double unary atau tanda double minus (--). Sehingga array menjadi {0;1;1;0;1;0}
  • Langkah akhir, adalah tugas SUMPRODUCT untuk mengeksekusi parameter array {0;1;1;0;1;0}. Karena hanya ada satu array, maka SUMPRODUCT tidak mengalikan elemen, tetapi langsung menjumlahkannya. Ini pendapat pribadi saya, apa yang terjadi di dalam system saya tidak mengetahuinya, apakah mengalikan elemen array dengan bilangan 1 kemudian menjumlahkannya, atau bypass langsung menjumlah masing-masing elemennya. Yang jelas jika SUPRODUCT hanya memiliki satu parameter array saja maka hasilnya sama dengan penjumlahan elemen-elemen dalam satu array. Jadi jumlah text "DKI JAKARTA" = 0 + 1 + 1 + 0 + 1 + 0 = 3

Saya kira cukup disini pembahasan mengenai cara menggunakan rumus SUMPRODUCT dan EXACT untuk menghitung jumlah text atau string secara case sensitive (peka huruf besar dan kecil).

Semoga bermanfaat. 


Artikel Terkait:


Referensi

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.