Sunday, April 8, 2018

Rumus IF Untuk Range Nilai Ujian



Rumus IF Untuk Range Nilai Ujian
Dalam penilaian akhir ujian siswa, Nilai siswa tidak hanya disajikan dalam bentuk bilangan, tetapi juga biasanya dikelompokan dalam kategori huruf, misalnya A, B, C, D, dan E, dimana masing-masing huruf tersebut mewakili range nilai tertentu. Untuk mengerjakan tugas ini, excel dapat dengan mudah melakukannya secara otomatis dengan bantuan rumus IF. Nah pembahasan kali ini akan membahas bagaimana cara menggunakan Rumus IF untuk konversi range nilai menjadi huruf.

Contoh kasus.


Anggaplah kita ditugaskan membuat formula excel untuk menyajikan kategori range nilai siswa menjadi 5 kelompok nilai A, B, C, D dan E dengan ketentuan klasifikasi range pengelompokan nilai sebagai berikut:

Kelompok A, nilai 90 atau lebih
Kelompok B, nilai 80 lebih tetapi kurang dari 90
Kelompok C, nilai 70 lebih tetapi kurang dari 80
Kelompok D, nilai 60 lebih tetapi kurang dari 70
Kelompok E, nilai kurang dari 60

Perlu dingat bahwa:

Untuk penglompokan nilai dengan range meningkat atau menurun, maka kita memerlukan sejumlah N-1 rumus IF, dimana N = jumlah kategori.

Sehingga untuk pengelompolan 2 kategori diperlukan 1 fungsi IF, contohnya adalah rumus IF untuk keterangan lulus dan tidak lulus. Untuk mengelompokan nilai menjadi 3 kategori diperlukan 2 fungsi IF bertingkat, contohnya kategori negatif, netral dan positif.

Maka untuk menyajikan range nilai siswa  menjadi 5 kategori, kita memerlukan 4 fungsi IF.

Anggaplah data nama siswa terletak pada kolom A, data nilai pada kolom B dan kategori huruf terletak dalam kolom C. Baris pertama berisi header kolom, sedangkan data dimulai pada baris ke-2. Selanjutnya maka kita dapat mengetikan rumus IF pada sel C2 sebagai berikut:

=IF(B2>=90,"A",IF(B2>=80,"B",IF(B2>=70,"C",IF(B2>=60,"D","E"))))

Copy rumus tersebut sampai ke baris akhir data, sehingga kita bisa mendapatkan kategori nilai huruf pada masing-masing baris, seperti diperlihatkan dalam screenshot berikut:

Rumus IF Untuk Range Nilai Siswa


Cara kerja rumus IF untuk range nilai (5 kategori)

Adapun cara kerja rumus IF untuk mendapatkan nilai huruf kategori tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Fungsi IF pertama akan mengecek apakah nilai memenuhi syarat pertama (>=90). Jika iya maka rumus akan langsung menghasilkan nilai kategori pertama yaitu huruf A. jika tidak maka lanjut ke IF ke-2
  • Fungsi IF ke-2 akan mengecek apakah nilai memenuhi syarat ke-2 (>=80). Jika iya maka rumus akan langsung menghasilkan nilai kategori kedua yaitu huruf B. jika tidak maka lanjut ke IF ke-3
  • Fungsi IF ke-3 akan mengecek apakah nilai memenuhi syarat ke-3 (>=70). Jika iya maka rumus akan langsung menghasilkan nilai kategori ketiga yaitu huruf C. jika tidak maka lanjut ke IF ke-4
  • Fungsi IF ke-4 akan mengecek apakah nilai memenuhi syarat ke-4 (>=60). Jika iya maka rumus akan langsung menghasilkan nilai kategori ketiga yaitu D. 
  • Jika range nilai tidak memenuhi syarat empat kategori sebelumnya maka rumus akan menghasilkan nilai kategori ke-5 haitu huruf E. ini terjadi jika nilai kurang dari 60.


Demikian cara menggunakan rumus IF untuk pengelompokan range nilai, beserta penjelasan ringkas bagaimana rumus IF bertingkat ini bekerja.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.