Monday, April 30, 2018

Menghitung Cell Kosong dan Berisi Data


Rumus Excel Menghitung Cell Kosong
Untuk menghitung jumlah cell kosong dan  berisi data (tidak kosong) di excel dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus.  Fungsi yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel kosong adalah fungsi COUNTBLANK. Sedangkan untuk menghitung cell yang berisi data atau tidak kosong, kita bisa menggunakan fungsi COUNTA. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan fungsi lainnya seperti COUNTIF, COUNTIFS dan SUMPRODUCT+LEN, baik untuk menghitung banyaknya sel kosong maupun sel yang berisi data.


Contoh Soal:



Misalnya kita ambil range A1:A8 dalam sebuah sheet, dimana range tersebut berisi data jenis buah-buahan, atau apalah yang anda inginkan. Namun sebagian sel dalam range A1:A8 tersebut dikosongkan karena kita ingin menguji bagaimana rumus penghitung sel kosong dan terisi dapat bekerja dengan benar.

Gambaran contoh soal dapat dilihat dalam screenshot di bawah ini.

Soal Excel Menghtitung Cell Kosong dan Tidak Kosong


Contoh Rumus Untuk Menghitung Sel Kosong


Untuk menghitung sel kosong kita bisa menggunakan fungsi COUNTBLANK. Fungsi ini dapat dituliskan dengan syntax yang sangat sederhana yaitu:

=COUNTBLANK(range)

Jika range kita ganti dengan referensi yang kita gunakan sebagai contoh yaitu A1:A8 maka rumus COUNTBLANK dapat kita tuliskan seperti di bawah ini:

=COUNTBLANK(A1:A8)

Karena dalam range A1:A8 ada 2 sel kosong yaitu sel A4 dan sel A7, maka rumus akan memberikan hasil informasi bilangan 2. 

Fungsi COUNTBLANK menghitung cell kosong


Dari gambar diatas, rumus COUNTBLANK sudah berhasil menghitung jumlah sel kosong pada range A1:A8.  Gambaran dalam contoh mungkin nampak spele, karena data yang kita gunakan sangat sedikit. Manfaat rumus ini akan terasa ketika kita bekerja dengan data yang banyak.

Contoh Rumus untuk Menghitung Sel Tidak Kosong


Untuk menghitung sel yang berisi data , alias tidak kosong bin tidak blank, kita bisa menggunakan fungsi COUNTA. Sama hal nya dengan fungsi COUNTBLANK, fungsi COUNTA juga memiliki syntax yang sangat sederhana dengan cukup hanya satu argumen fungsi saja. Fungsi ini dapat dituliskan sebagai berikut:

=COUNTA(range)

Dimana range adalah range data yang ingin kita hitung jumlah sel yang berisi data dalam range tersebut. Selanjutnya jika referensi range contoh A1:A8 kita masukan sebagai argumen fungsi COUNTA,   maka kita bisa menuliskannya sebagai berikut:

=COUNTA(A1:A8)

Fungsi COUNTA menghitung cell tidak kosong


Gambar di atas memperlihatkan bagaimana rumus excel COUNTA berhasil menghitung jumlah sel berisi data pada range A1:A8

Menghitung sel kosong dan tidak kosong menggunakan fungsi COUNTIF


Selain fungsi COUNTA dan COUNTBLANK, excel juga menyediakan fungsi lainnya yang dapat digunakan untuk menghitung sel kosong dan tidak kosong. Salah satunya adalah fungsi COUNTIF.
Fungsi COUNTIF dapat dituliskan dengan syntax:

=COUNTIF(range, criteria)

Dimana range adalah referensi range cell yang akan dicek, sedangkan criteria adalah string yang menunjukan syarat perhitungan. Kita dapat menuliskan criteria sebagai berikut:

Menghitung cell kosong: criteria   "<>*"
Menghitung cell berisi data: criteria "*"

Sehingga dengan menggunakan contoh range sebelumnya (range A1:A8) maka kita dapat menuliskan rumus sebagai berikut:

Menghitung cell Kosong:
=COUNTIF(A1:A8,"<>*")

Menghitng cell berisi data (tidak kosong)
=COUNTIF(A1:A8,"=*")

Fungsi COUNTIF menghitung cell kosong dan tidak kosong.


Dari gambar diatas kita bisa mengetahui bahwa fungsi COUNTIF dapat digunakan secara lebih luas. Fungsi ini mampu menghitung jumlah cell kosong maupun tidak kosong. Kuncinya adalah parameter criteria yang digunakan.

Selain menggunakan fungsi COUNTIFS sebenarnya masih ada fungsi lainnya yang dapat digunakan untuk menghitung sel kosong dan tidak kosong, misalnya fungsi COUNTIFS dan SUMPRODUCT.
Alternative Rumus Menghitung Sel Kosong  dan Tidak Kosong.

Menghitung Cell Kosong:

=COUNTIFS(A1:A8,"<>*")

=SUMPRODUCT(--(LEN(A1:A8)=0))

Menghitung Cell Tidak Kosong

=COUNTIFS(A1:A8,"=*")

=SUMPRODUCT(--(LEN(A1:A8)>0))

Catatan penting: 
  • Fungsi COUNTA, COUNTBLANK, COUNTIF, COUNTIFS dan SUMPRODUCT&LEN akan menghitung sel yang berisi karakter yang tidak nampak sebagai sel yang berisi data atau tidak kosong. Keberadaan spasi dalam sel yang seperti kosong, sering menyebabkan hasil rumus tersebut tidak valid.
  • Kecuali COUNTBLANK, semua fungsi yang dicontohkan diatas juga akan menghitung sel berisi data dengan jumlah karakter Nol yang merupakan hasil dari formula lain sebagai sel yang kosong, padahal ada formula di dalamnya. Misal sel berisi formula =""
Demikan pembahasan mengenai beberapa alternative rumus untuk menghitung banyaknya sel kosong dan sel berisi data (tidak kosong).



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.