Saturday, May 5, 2018

Menghitung Jumlah Hari Antara 2 Tanggal

Bagaimana menghitung jumlah hari yang dimulai dan diakhiri tanggal tertentu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita bisa menyelesaikannya dengan bantuan rumus excel yang sangat singkat dan sederhana.  Diantaranya adalah dengan operasi matematika sederhana. Selain itu, jumlah hari juga bisa dihitung menggunakan fungsi DATEDIF.

Rumus Excel Menghitung Jumlah Hari
Contoh soal:


Misalnya dalam sebuah kontrak, sebuah proyek ditargetkan selesai pada tanggal 3 Mei 2017. Sedangkan pekerjaan baru bisa dimulai pada tanggal 5 Maret 2017. Berapa hari target waktu maksimal bagi kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut?

Contoh soal tersebut dapat digambarkan dalam spreadsheet excel seperti berikut:

Contoh Soal Rumus Excel Menghitung Jumlah Hari

Catatan: Dalam penulisan tanggal harus diperhatikan regional setting pada komputer yang anda gunakan. Untuk regional setting USA maka ketika mengetikan tanggal, komputer akan membaca sesuai urutan mm/dd/yyyy.  Untuk menampilkannya dalam urutan dd-mm-yyyy seperti yang lazim digunakan di Indonesia, maka kita bisa merubah number format menjadi dd-mmm-yyyy melalui format cell → tab number →  date → dan pilih format yang sesuai. selain dari fomat date yang sudah tersedia, kita juga bisa menentukan format  melalui custom format, dan ketik dd-mmm-yyyy.

Menghitung jumlah hari menggunakan rumus matematikan sederhana.


Jika format penulisan tanggal sudah benar, maka kita bisa menghitung jumlah hari menggunakan rumus matematika sederhana, yaitu:

Jumlah hari = hariSelesai – hariMulai + 1

Keterangan: penambahan dengan 1 supaya hariMulai dapat terhitung sebagai bagian jumlah hari. Jika tidak maka hasilnya adalah selisih harinya saja.

Sesuai contoh:
Tanggal mulai = 05-Mar-2017   penulisan di formula bar=  3/5/2017
Tanggal selesai = 03-May-2017   penulisan di formula bar=  5/3/2017

Dengan hitungan matematis sederhana, rumus jumlah hari dapat ditulis di excel sebagai berikut:
="03-May-2017"-"05-Mar-2017"+1
= 60 hari

Atau juga dapat dituliskan :
="5/3/2017"-"3/5/2017"+1
= 60 hari.

Perhatikan format penulisan contoh rumus ="5/3/2017"-"3/5/2017"+1 ,  seperti disampaikan di atas, hal ini sangat tergantung pada setting di komputer yang anda gunakan.  Tanggal "5/3/2017" mewakili 3 Mei 2017 bukan 5 Maret 2017. Demikian juga  "3/5/2017" mewakili tanggal 5 Maret 2017, bukan 3 Mei 2017. Mungkin agak membingungkan jika anda yang terbiasa dengan format penulisan tanggal Indonesia.

Jika rumus di atas diganti polanya mengikuti system indonesia, maka hasilnya menjadi tidak benar
="3/5/2017"-"5/3/2017"+1
= -58

Jika diterapkan dalam spreadshet sesuai contoh soal dimana tanggal mulai terletak di sel A1, sedangkan tanggal selesai terletak di sel A2, maka parameter rumus tadi dapat kita rubah menggunakan referensi sel A1 dan A2, sehinga rumusnya menjadi:

=A2-A1+1

Penerapannya di excel dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.

Contoh Rumus Excel Sederhana Menghitung Jumlah Hari



Menghitung Jumlah Hari Menggunakan Fungsi Datedif


Fungsi datedif di excel digunakan untuk mengitung selisih antara 2 tanggal. Fungsi ini dapat dituliskan sebagai berikut:

=DATEDIF(tanggalMulai,tanggalAkhir,satuan)

Fungsi tersebut untuk menghitung selisih antara tanggalMulai dan tanggalAkhir, sehingga utuk memasukan tanggalMulai sebagai hasil hari yang diperhitungkan, maka hasilnya harus diambahkan dengan satu.

Satuan bisa dituliskan dalam berbagai format. Untuk kasus contoh dalam artikeal ini kita gunakan satuan hari sehingga parameter satuan dapat dituliskan "dd"

Sehingga rumus untuk menghitung jumlah hari dari tanggal "03-May-2017"  s.d tanggal "05-Mar-2017" dapat dituliskan sebagai berikut:

=DATEDIF("05-Mar-2017","03-May-2017","d")+1

Dan  hasilnya adalah 60, sama dengan hasil perhitungan menggunakan rumus matematika sederhana.
Dengan mengganti format penulisan tanggal, rumus tersebut di atas juga dapat dituliskan sebagai berikut:

=DATEDIF("3/5/2017","5/3/2017","d")+1

Dengan menggunakan data contoh, tanggal mulai dan tanggal selesai dapat kita ganti menggunakan referensi sel.
  • Tanggal mulai = sel A1
  • Tanggal selesai = sel A2

Sehingga rumus untuk menghitung jumlah hari, dimulai tanggal yang terletak di sel A1 sampai dengan tanggal yang terletak di sel A2, dapat kita tuliskan sebagai berikut:

=DATEDIF(C1,C2,"d")+1

Penampakannya dalam spredsheet dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.

Contoh Rumus Excel Datedif Menghitung Jumlah Hari


Demikian pembahasan singkat bagaimana menghitung jumlah hari yang dimulai dan diakhiri tanggal tertentu. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.